Menuju Pulau Impian : Pulau Lombok


Menuju Pulau Impian : Pulau Lombok

Dream Island! Mungkin itu adalah kata yang tepat untuk mencitrakan Pulau Lombok. Sebuah pulau –yang di dalamnya terdiri atas pulau-pulau kecil–, yang memiliki keindahan panorama alam demikian luar biasa, didukung dengan keunikan seni budaya yang khas. Tak heran jika Pulau ini menjadi daya tarik wisata bagi banyak orang dari berbagai penjuru dunia.

Jenis wisata yang ditawarkan di Pulau Lombok ini adalah wisata alam, wisata bahari, wisata budaya, bahkan wisata kuliner. Di penjuru timur, kita dapat menemui banyak objek menarik di kawasan Gunung rinjani. Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia yang dilewati oleh sungai Otak Kokok yang bermuara ke Pantai Laut Lombok. Di sekitar kawasan sungai terdapat sebuah desa yang indah, asri dan berdekatan dengan kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang bernama Desa Sampit. Dari situ kita dapat menyaksikan panorama Gunung rinjani dibalut dengan suasana pedesaan yang masih asri. Dan bagi para pecinta alam, pendakian gunung Rinjani merupakan sebuah pilihan yang tepat. Konon katanya gunung Rinjani ini termasuk salah satu tempat pendakian dengan medan yang terjal. Pendakian gunung dapat dilakukan melalui 3 jalur. yakni pendakian jalur utara melalui jalur Senaru, yang masih satu jalur wisata dengan Pantai Senggigi, jalur timur melalui sembalun dan jalur selatan melalui Timbanuh. Daya tarik Gunung rinjani selain dapat menikmati pemandangan alam yang indah, ada pula danau Segara Anak dan Gunung Baru Jari. Tak kalah menarik, di lereng Gunung Rinjani, terdapat bukit-bukit nan hijau dengan kabut tebal menutupi puncak bukit. Di puncak bebukitan itulah terdapat sebuah objek wisata bernama “Pusuk”. Jika kita terus menelusuri jalur Pusuk ini, maka kita akan sampai pada suatu tempat bernama Sembalun, yakni sebuah desa wisata yang masih asli dengan hawa dingin pegunungan dan menawarkan sejumlah perkebunan stroberi sebagai daya tariknya.
Adapun wisata bahari yang terkenal diantaranya terdapat pulau-pulau kecil yang mengitari Lombok. Pulau-pulau kecil ini sering diistilahkan sebagai “gili”. Diantara gili yang terkenal yaitu Gili Terawangan, Gili Meno, Gili Air, Gili Nanggu, serta Gili Sulat dan Gili Lawang. Kesemuanya menawarkan wisata bahari yang menakjubkan, baik berupa hutan bakau maupun taman bawah laut yang sangat indah, sehingga menjadi suatu pilihan yang tepat untuk diving dan snorkeling. Adalah Gili Lampu, pulau-pulau kecil yang tidak berpenghuni, terletak di Perairan Kecamatan Sambelia, utara Selong. Jika sempat singgah disana, kita boleh merasa memiliki pulau yang tidak berpenghuni tersebut. Wisata Bahari serupa dapat dijumpai di pesisir pantai sepanjang pulau Lombok. Pantai Kuta, misalnya. Pantai Kuta yang ada di Lombok ini tidak kalah cantiknya dengan Pantai Kuta yang ada di Bali. Hamparan pasir putih dan lautnya yang hijau memberikan eksotisme tersendiri.
Bagi Anda penggemar seni dan budaya, Lombok memiliki beragam seni dan budaya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Misalnya, pertunjukan Gendang Beleq yang menyajikan orchestra atas dua buah gendang beleq, yang disebut gendang mama (laki-laki) dan gendang nina (perempuan). Selanjutnya ada juga kesenian slober, yaitu salah satu jenis musik tradisional dengan alat musik yang unik. Adapula memaos, yaitu lomba membaca lontar yang menceritakan hikayat masa lampau. Kesenian tari jengger, wayang kulit, dan tending mendet juga merupakan salah satu produk budaya dari Lombok.
(dari berbagai sumber).

About these ads
This entry was posted in Uncategorized by Penjelajah Pulau Nusantara. Bookmark the permalink.

About Penjelajah Pulau Nusantara

Mengapa harus pergi ke negara luar jika Negara kita memiliki sejuta keajaiban alam? Blog ini menyajikan berbagai referensi mengenai daerah tujuan pariwisata di Indonesia. Adanya potensi wisata yang merupakan ciri khas setiap daerah di Indonesia. Anda para pembaca dapat menikmati indahnya menjelajahi Pulau Nusantara indonesia.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s