Keindahan Yang Tersembunyi Dibalik Kupang


Keindahan Yang Tersembunyi Dibalik Kupang


Siapa yang tidak tergoda dengan pantai dengan suasana yang damai nan tenang, berpasir halus dan putih, ombak bergulung-gulung dengan airnya yang jernih? Ya.. itulah panorama Pantai Lasiana. Sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Kupang Tengah, Kupang, NTT. Berjarak 12 Km dari pusat Kota Kupang, Pantai Lasiana menyerupai sebuah teluk yang merupakan perpaduan antara perbukitan dan pantai.

Keindahan wisata alam lainnya dapat disaksikan di Hutan Wisata Camplong. Hutan yang terletak di kaki gunung Fatuleu ini ialah hutan wisata dengan tempat pemandian alam yang sejuk. Selain ada sumber mata air terdapat juga kolam renang alami yang bias dinikmati para wisatawan. Sebagai hutan wisata, Hutan Wisata Camplong tentunya tidak meninggalkan fungsinya untuk melindungi flora dan fauna. Berbagai satwa yang dilindungi yaitu kera, ayam hutan, tupai, kuskus, aneka burung, dan ada juga tempat penangkaran buaya , rusa timur, dan ular sanca. Beberapa jenis flora yang dilindungi disini yaitu kayu merah, pinus, lontar, kayu cendana, dan lain sebagainya.


Kupang sendiri ada sebuah desa bernama Desa Baun. Disini terdapat peninggalan kerajaan kecil bernama Amarasi yang dahulu merupakan kerajaan kecil pribumi di Pulau Timor. Disana juga masih ada kerajaan lainnya seperti Rote, SoE, Belu, Amanuban, Bonoboro, dan Kerajaan Lautem yang pernah tergabung dalam Kerajaan Wehali. Desa Baun ini dikenal sebagai sentra kerajinan tenun ikat tradisional. Penduduk desanya masih mempertahankan pembuatan tenun ikat secara tradisional, mulai dari pembuatan benang berbahan dasar kapas hingga pewarnanya yang masih alami, yaitu dengan menggunakan buah Mengkudu, Kemiri, dan lain sebagainya. Namun ada beberapa juga yang menggunakan teknik pewarnaan secara modern. Di Kota Kupang sendiri terdapat 200 sentra tenun ikat.

This entry was posted in Uncategorized by Penjelajah Pulau Nusantara. Bookmark the permalink.

About Penjelajah Pulau Nusantara

Mengapa harus pergi ke negara luar jika Negara kita memiliki sejuta keajaiban alam? Blog ini menyajikan berbagai referensi mengenai daerah tujuan pariwisata di Indonesia. Adanya potensi wisata yang merupakan ciri khas setiap daerah di Indonesia. Anda para pembaca dapat menikmati indahnya menjelajahi Pulau Nusantara indonesia.

Tinggalkan komentar