Wisata Alam dan Bahari : Ruteng


Wisata Alam dan Bahari : Ruteng

Taman wisata Alam, Gunung Kanakan, dan Rana Tonjong

Salah satu potensi Nusantara yang memiliki banyak ketertarikan alam adalah Kota Ruteng. Kota Ruteng memiliki Taman Wisata Alam (TWA) yang ditetapkan sebagai hutan konservasi oleh Departemen Pertanian pada Tahun 1993. TWA Ruteng meliputi kawasan seluas lebih 32 ribu ha dan di dalamnya tersedia berbagai objek menarik, yaitu Danau Rana Mese dengan berbagai jenis ikan dan burung belibis. Air terjun Cunca Rede, Puncak Gunung Ranaka dan Artak Ranaka, dan aneka burung.



Selain Taman Wisata Alam (TWA), Panorama indah dapat ditemukan di bukit ini dengan adanya kelestarian sawah, hutan, lembah, dan lereng pegunungan menjadikan bukit Golo Curu tidak layak untuk dilewatkan jika Anda berwisata ke Kota Ruteng. Daerah ini juga terkenal karena di sini terdapat Gua Maria, tempat ziarah umat Katolik daerah itu.

Taman Wisata Alam Ruteng

Setelah berkunjung ke TWA, Anda penjelajah dapat berkunjung ke lokasi wisata lainnya seperti Gunung Kanakan, Rana Tonjong, Pantai Ketebe, Pantai Cepi Watu. Gunung Kanakan merupakan gunung yang dapat didaki pengunjung dengan ketinggian gunung 2.140 m. Lokasi ini dapat diakses dengan menggunakan transportasi umum yang menuju ke timur Flores. Lalu lainnya adalah Rana Tonjong, Rana Tonjong merupakan lokasi wisata yang menyajikan keindahan teratai besar dengan luas 3000 m dan juga panorama yang indah di Desa Nanga Mbaling Sampi Rampas. Teratai yang ada pada Rana Tonjong ini disebut-sebut sebagai teratai yang tidak terdapat di Negara lain selain Indonesia. Tentu bukan hal yang baik jika Anda melewatkan ini semua bukan?

Pesona Wisata Bahari Ruteng

Tak kalah dengan pesona wisata alamnya, pesona bahari Ruteng pun dapat dikunjungi oleh Anda para penjelajah. Adalah Pantai Ketebe, yang teletak di Desa Robek sekitar 75 Km Utara Ruteng yang merupakan pantai yang cocol untuk snorkeling dan olahraga air lainnya.Selain itu, terdapat keindahan pantai yang berada di Borong, dekat dengan Desa Nagalabang. Pantai ini membentang sepanjang 4km dan memiliki tinggi ombak hingga 2m yang cocok untuk olahraga surfing. Pantai ini dapat diakses selama satu setengah jam atau sekitar 50Km dari Ruteng

This entry was posted in Uncategorized by Penjelajah Pulau Nusantara. Bookmark the permalink.

About Penjelajah Pulau Nusantara

Mengapa harus pergi ke negara luar jika Negara kita memiliki sejuta keajaiban alam? Blog ini menyajikan berbagai referensi mengenai daerah tujuan pariwisata di Indonesia. Adanya potensi wisata yang merupakan ciri khas setiap daerah di Indonesia. Anda para pembaca dapat menikmati indahnya menjelajahi Pulau Nusantara indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s